5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari Luar dan Dalam selama Berpuasa

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari Luar dan Dalam selama Berpuasa

Tak terasa ya, sedikit lagi kita sudah memasuki bulan Ramadan. Nah, selama berpuasa biasanya bibir dan kulit kering menjadi masalah yang sering dialami. Perubahan pola makan dan minum menjadi salah satu penyebab yang bisa mempengaruhi kondisi kulit. Jangan hanya menjaga kesehatan kulit dari dalam, penting pula menjaga kesehatan kulit dari luar. Lalu, apa saja ya hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam?

 

SolFriends, kulit ternyata punya siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Sel tersebut perlu dibersihkan dan dijaga kesehatannya. Sel kulit mati yang telah bercampur dengan keringat, paparan AC, debu, polusi, dan paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi kulit. Bila terjadi, kulit akan terlihat kusam dan tidak sehat. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam selama berpuasa:

 

  1. Menjaga asupan cairan untuk kulit

Selama berpuasa, tubuh rentan mengalami kekurangan cairan. Maka, usahakan untuk mencukup kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa sampai sahur ya. Gunakan saja rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, minum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas tiap hari mampu meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit. Kamu perlu ingat, jika menjaga asupan cairan untuk kulit sama dengan menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, kesehatan kulit dari luar akan tetap terjaga.

 

  1. Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur

Menu apakah yang biasa kamu masukan untuk berbuka atau sahur?  Jangan hanya sop buah atau gorengan saja, ya. Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit saat berpuasa dari dalam. Pastikan kamu sudah memilih buah yang banyak mengandung air seperti semangka ya. Buah seperti ini, akan memberikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Selain semangka, bisa juga ya stroberi atau tomat.

 

  1. Menjaga kebersihan kulit

Pilihlah kandungan pembersih kulit yang tidak merusak lapisan kulit. Disarankan untuk menggunakan pembersih wajah dengan bahan ringan ya, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Tujuannya, agar tidak menimbulkan iritasi pada wajah.

 

  1. Pentingnya sunblock

Adanya himbauan untuk menjaga jarak dengan orang lain atau social distancing, tentu membuat situasinya cukup berbeda jika kita malakukan kegiatan di luar rumah. Meski demikian, hal ini bukan alasan untuk tidak menggunakan sublock. Sinar UVA dapat masuk ke dalam rumah walau melalui jendela. Disarankan untuk menggunakan sunblock yang sudah pasti aman dan nyaman di kulit ya. Kamu bisa memilih Parasol Face Sunblock SPF 33 Cream selama bekerja di rumah. Parasol Face Sunblock SPF 33 merupakan krim yang mengandung ekstrak lidah buaya dan Vitamin E. Kandungannya tersebut mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari sekaligus menjaga kelembapan kulitmu. Jadi, kesehatan kulit tetap terjaga deh!

 

  1. Istirahat yang cukup

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam yakni dengan istirahat yang cukup. Selama berpuasa, waktu istirahat akan sedikit berkurang karena kamu harus bangun untuk sahur. Tidur yang tak cukup bisa membuat kulit tampak lelah terutama di sekitar mata. Pastikan melakukan olahraga juga ya, guna mengurangi stres dan menjadikan metabolisme tubuh stabil. Dengan demikian, tidur menjadi lebih berkualitas.

 

Nah SolFriends, tak sulit kan menerapkan tips menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam? Yuk, tetap lakukan pola hidup sehat selama berpuasa!